2017-05-12

Manfaat Jus Buah untuk Kesehatan Tubuh

Manfaat Jus Buah bagi Kesehatan Tubuh_Layaknya sayuran, tidak semua orang menyukai buah-buahan. Walaupun sebagian besar rasa buah-buahan manis dan kaya nutrisi, ada saja alasan untuk tidak mengonsumsinya seperti susah mengupas, malas memotong atau ribet jika harus membawa satu buah utuh ketika bepergian.
Manfaat jus buah
Seiring berkembangnya teknologi, kini masyarakat tidak punya banyak alasan lagi untuk tidak mengonsumsi buah. Sebab, ada mesin juicer yang mampu mengubah satu buah utuh menjadi segelas minuman segar. Jika tidak ada waktu untuk membuatnya sendiri, Anda pun bisa membeli jus buah di luar.

Variasi pengolahan buah menjadi jus menjadi bukti bahwa buah memiliki banyak sekali manfaat bagi tubuh manusia. Secara ilmiah, buah mengandung vitamin, enzim, antioksidan, karbohidrat, mineral, dan senyawa lain yang baik untuk tubuh.

Untuk membuat jus yang simpel, Anda bisa menggunakan buah apa saja yang gampang ditemui di sekitar Anda. Nah, berbicara tentang jus buah, berikut adalah berbagai manfaatnya buat kesehatan kita.

1. Jus jeruk
Selain kandungan vitamin C nya yang ampuh menyembuhkan sariawan, ternyata jeruk mengandung banyak senyawa mineral yang dapat membantu menenangkan sistem saraf pada tubuh sehingga juga mampu menurunkan kadar kecemasan dan kegelisahan seseorang.

Jadi, jika Anda mulai merasa depresi atau tidak tenang, jus jeruk bisa menjadi solusinya.

2. Jus Anggur
Untuk penderita alergi makanan maupun binatang, minuman jus anggur bisa menjadi penolong untuk meredakan efek alergi tersebut.

Buah anggur banyak mengandung kalsium, tembaga, yodium, fosfor, dan kalium yang dapat meringankan beberapa penyakit kulit, jantung, TBC, juga pencernaan.

3. Jus  Apel
Apel dikenal sebagai salah satu buah yang paling berpengaruh dalam memperbaiki sistem pencernaan manusia. Oleh karena itu, jus apel sering dikonsumsi untuk meredakan penyakit diare dan sembelit. Kandungan magnesium dan potasium pada apel juga dapat mengobati penyakit rematik.

Kombinasi jus buah
Pengolahan jus sendiri biasanya tidak hanya memanfaatkan satu jenis buah saja melainkan dapat dikombinasikan dengan buah lainnya. Kebayang kan betapa kayanya manfaat yang akan diperoleh oleh tubuh kita?

a. Kombinasi jus apel dan anggur ungu
Kombinasi dua buah ini sangat berkhasiat untuk Anda yang sedang menjaga kesehatan jantung ataupun bagi yang sudah memiliki riwayat penyakit jantung. Minumlah jus ini secara rutin sehabis olahraga pagi.

b. Kombinasi jus lemon, tomat, dan semangka
Olahan jus dari tiga buah-buahan ini dapat dijadikan sebagai alat detokfikasi tubuh secara alami. Dengan begitu, hati dan ginjal akan bersih, kulit terbebas dari jerawat, dan kadar kolestrol dalam tubuh juga menurun. Minumlah jus ini pada malam hari sebelum tidur.

c. Kombinasi jus jeruk dan jambu biji
Kedua campuran buah ini sangat cocok bagi Anda yang sedang menjaga kesehatan dan kecantikan kulit. Jika diminum secara rutin, jus ini dapat membantu mencerahkan, melembabkan, serta menyamarkan noda-noda hitam pada wajah.

d. Kombinasi jus semangka, nanas, apel, dan pepaya
Empat varian buah ini dapat menjadi Andalan bagi Anda yang sedang menjalankan program diet. Serat dan antioksidan yang tinggi membuat jus ini dapat melancarkan pencernaan, menurunkan kadar kolestrol, dan membuat perut merasa kenyang lebih lama.

e. Kombinasi jus apel, kiwi, nanas, jeruk nipis, dan jeruk lemon
Untuk mencegah penyakit mematikan seperti kanker, Anda perlu mencoba mengkonsumsi olahan jus ini secara rutin. Jus kombinasi enam buah di atas terbukti ampuh untuk mencegah kanker payudara, kanker paru-paru, kanker perut, dan kanker usus besar.

Mengonsumsi jus buah setiap hari sudah terbukti dapat memenuhi kebutuhan nutrisi dan menyembuhkan beberapa permasalahan kesehatan.

Demikian tentang Manfaat Jus Buah. Semoga bermanfaat.
Artikel Pilihan
Silakan bagikan artikel ke media sosial lewat tombol share di bawah ini:

Kesehatan Manusia

Artikel Kesehatan dan Pendidikan Jasmani

 
Sitemap - Disclaimer - Privacy Policy Contact Us -
Back To Top