2017-06-07

8 Buah Penurun Kolesterol Tinggi yang Wajib Ada di Rumah Anda

Beberapa penyakit yang banyak diidap oleh masyarakat dan dapat mengakibatkan kematian umumnya disebabkan oleh kolesterol tinggi. Penyebab utama seseorang memiliki kadar kolesterol tinggi adalah karena pola hidup yang tidak baik seperti konsumsi makanan yang sembarangan dan jarangnya melakukan aktifitas olahraga untuk membakar lemak jahat.

Kolesterol tinggi pada tubuh manusia menyebabkan aliran darah pada beberapa organ penting seperti jantung dan otak terhambat. Dengan begitu, banyak penyakit bawaan yang dapat muncul setelahnya dan pasti berbahaya. Jika Anda memiliki risiko kolesterol tinggi, ada baiknya Anda mulai memperbaiki asupan makanan terutama memperbanyak mengkonsumsi buah penurun kolesterol tinggi. Adapun buah penurun kolesterol tinggi yang bisa Anda konsumsi rutin sebagai berikut.
Buah Penurun Kolesterol Tinggi
Buah Penurun Kolesterol Tinggi: 

1. Jeruk Nipis
Jeruk nipis dikenal sebagai buah penurun kolesterol tinggi terampuh dalam kehidupan manusia. Jeruk nipis mengandung antioksidan tinggi yang memiliki efek luar biasa dalam menurunkan kolesterol terutama jenis LDL. Selain itu, karena jeruk nipis terbukti dapat menurunkan kadar kolesterol, maka jeruk nipis juga dipercaya mencegah penyakit kardiovaskular. Mengkonsumsi air perasan jeruk nipis setiap hari sama dengan mengkonsumsi vitamin C sebesar 1.000 miligram per harinya.

2. Anggur
Anggur mengandung senyawa flavonoid dan zatechin yang sangat baik bagi tubuh. Flavonoid berfungsi untuk menurunkan kolesterol jahat sepeti LDL, sedangkan zatechin berguna untuk meningkatkan kolesterol baik dalam tubuh manusia yang bernama HDL.  Selain itu, kedua senyawa tersebut mampu melawan radikal bebas dan penyakit penggumpalan pada darah.

3. Mangga
Mangga juga dijadikan sebagai buah penurun kolesterol tinggi karena memiliki kandungan vitamin C yang sangat besar. Vitamin C di dalam buah mangga dapat mencegah terjadinya penimbunan kolesterol di dalam pembuluh darah manusia. Selain itu, serat yang terkandung di dalam buah mangga berkhasiat untuk mencegah masuknya kolesterol pada tahap pencernaan.

4. Alpukat
Alpukat dikenal sebagai salah satu buah dengan kandungan lemak tertinggi sehingga banyak orang yang takut untuk mengkonsumsinya. Padahal, faktanya lemak yang terkandung di dalam buah alpukat adalah lemak tak jenuh atau lemak baik yang berfungsi meningkatkan kadar kolesterol baik HDL di dalam tubuh manusia. Selain itu, alpukat juga mengandung senyawa beta-sitosterol atau lemak nabati yang justru menyehatkan bagi tubuh.

5. Tomat
Tomat mengandung senyawa likopen yang dipercaya dapat menurunkan kadar kolesterol LDL di dalam tubuh manusia. Di samping itu, tomat juga baik dikomsumsi oleh para penderita maag kronis karena tomat dapat memberikan efek dingin dan menenangkan pada lambung. Tomat dapat dikonsumsi langsung sebagai buah segar atau diolah menjadi jus dan bahan sayuran untuk lauk.

6. Semangka
Selain tomat, ternyata semangka juga mengandung senyawa likopen yang mengakibatkan buah ini dipercaya sebagai buah penurun kolesterol tinggi. Buah semangka mengandung air yang cukup tinggi sehingga juga baik digunakan untuk mengobati kekurangan cairan atau dehidrasi.

7. Pisang
Di balik efek cepat kenyang diberikan oleh pisang, ternyata buah ini mengandung serat dan kalium. Kalium di dalam buah pisang dapat membantu menurunkan tekanan darah dan memberikan kesehatan kepada jantung manusia. Selain itu, serat yang tinggi menjadi faktor utama kenapa buah ini dapat menurunkan kolesterol jahat LDL pada tubuh.

8. Apel
Kandungan beta-glucan di dalam apel ternyata menjadi pengontrol produksi kolesterol pada tubuh manusia. Di samping itu, serat pada apel mampu mencegah mengerasnya pembuluh darah yang diakibatkan oleh timbunan kolesterol jahat sehingga kesehatan jantung tetap terjaga dan manusia terhindar dari penyakit stroke.

Kolesterol jahat di dalam tubuh manusia sangat berisiko terhadap kesehatan. Oleh sebab itu, menyediakan buah penurun kolesterol tinggi di atas supaya kadar kolesterol Anda tetap aman dan Anda terhindar dari penyakit berbahaya.
Artikel Pilihan
Silakan bagikan artikel ke media sosial lewat tombol share di bawah ini:

Kesehatan Manusia

Artikel Kesehatan dan Pendidikan Jasmani

 
Sitemap - Disclaimer - Privacy Policy Contact Us -
Back To Top