2017-06-26

Kandungan dan Manfaat Daun Teh untuk Kesehatan dan Kecantikan

Manfaat Daun Teh untuk Kesehatan dan Kecantikan_Anda tentunya sudah tidak asing lagi dengan minuman yang satu ini. Ya, teh memang merupakan salah satu minuman favorit orang dari beberapa bagian negara, tak terkecuali Indonesia. Di Indonesia sendiri, teh dijadikan jamuan saat bersantai bersama orang terkasih atau sekedar teman cemilan Anda. Tahukah Anda jika selain menghilangkan dahaga, teh juga mempunyai manfaat bagi kesehatan dan juga kecantikan?.
Manfaat Daun Teh untuk Kesehatan dan Kecantikan
A. Kandungan Senyawa yang Ada pada Daun Teh
Alangkah bagusnya jika sebelum kita bahas mengenai manfaat daun teh, kita kenali dulu apa saja kandungan senyawa yang terdapat di dalamnya.

1. Kafein
Sama halnya dengan kopi, teh juga memiliki senyawa kafein namun dengan kadar yang lebih rendah dibandingkan dengan kopi.

2. Polifenol
Senyawa ini sejenis dengan antioksidan bioflavonoid yang diketahui bahwa kandungannya bahkan 25 kali lebih efektif daripada mengkonsumsi  buah, sayur atau obat-obatan yang mengandung vitamin E. Selain lebih efektif dari vitamin E, senyawa ini juga 100 kali lebih efektif daripada vitamin C.

3. Essential Oil
Senyawa ini berperan membentuk aroma khas pada teh, sehingga tubuh dan pikiran anda akan lebih rileks saat menghirup aroma khas daun teh.

B. Manfaat Daun Teh bagi Kesehatan
Setelah kita mengetahui kandungan senyawa pada daun teh diatas, sekarang saatnya untuk mencari tahu apa saja sih manfaat daun teh terutama bagi kesehatan dan kecantikan Anda.

1. Teh Dapat Melarutan Lemak
Kadar kandungan essential oil pada daun teh ternyata bermanfaat untuk melancarkan pencernaan dan melarutkan lemak jahat yang ada dalam tubuh

2. Mencegah Resiko Terjadinya Stroke dan Penyakit Jantung
Kandungan polifenol dalam daun teh mampu menurunkan tekanan gula darah dan kadar kolesterol yang menjadi penyebab utama stroke dan penyakit jantung.

Tak hanya itu, kandungan kaempferol, myricetin dan flavonoid quercetin pada teh mampu menstabilkan tekanan darah anda serta menjaga saluran arteri anda terbebas dari sumbatan yang akan menyebabkan masalah kesehatan jantung anda.

3. Menurunkan Berat Badan
Tentunya anda tidak akan percaya bagaimana bisa mengkonsumsi daun teh dapat menurunkan berat badan. Hal tersebut merupakan hasil temuan sebuah studi yang menyebutkan jika ekstrak teh hijau dapat mengganggu proses pembentukan lemak yang dapat membuat berat badan bertambah.

Ekstrak teh hijau yang dimaksud dalam studi tersebut adalah hasil dari buatan anda sendiri bukan teh hijau instan karena kandungan gulanya yang banyak.

4. Mencegah Kanker
Kandungan polifenol dan antioksidan yang ada pada teh dipercaya dapat mencegah terjadinya kanker. Namun hasil temuan ini masih belum meyakinkan karena pada beberapa studi memiliki pendapat yang berbeda.

Ada yang menyebutkan teh dapat memberi dampak positif bagi tubuh, tapi ada pula yang menyebutkan mengkonsumsi teh akan memberi dampak negatif.

5. Mencegah Diabetes
Dari hasil studi yang dilakukan pada tahun 2010 silam membuktikan bahwa teh yang memiliki kandungan kafein dapat mencegah resiko terkena diabetes.

6. Menghilangkan Rasa Kantuk
Selama ini kita hanya mengetahui jika hanya kopi yang bisa menghilangkan rasa kantuk karena kandungan kafeinnya, tak heran jika banyak diantara kita yang mengkonsumsi kopi saat rasa kantuk melanda. Tapi bagaimana jika anda bukan pencinta kopi? Tenang saja, anda dapat menggantinya dengan mengkonsumsi teh walaupun kadar kafein pada teh tidak sebanyak kopi.

C. Manfaat Daun Teh untuk Kecantikan
Daun teh tak hanya bermanfaat pada kesehatan badan anda saja, namun juga bermanfaat pada dunia kecantikan.  Misalkan saja teh hijau yang dapat membuat rambut anda lebih sehat dan bercahaya dengan cara mengoleskan teh hijau yang diendap selama semalaman pada rambut anda yang rusak dan bercabang lalu bilas dengan sampo.

Selain bermanfaat pada rambut, teh juga bermanfaat bagi wajah karena kandungan antioksidannyayang mampu merawat kesehatan kulit wajah dan daerah mata anda. Untuk mengencangkan kulit wajah, anda cukup aplikasikan sisa ampas teh pada wajah.

Sedangkan bagi Anda yang memiliki kantung mata dan berniat menghilangkannya, Anda hanya perlu mengkompresnya dengan meletakkan sisa kantung teh pada daerah mata.

Walaupun memiliki manfaat yang segudang bagi kesehatan dan kecantikan, namun Anda perlu membatasi mengonsumsi teh atau minuman berkafein lainnya karena dapat menimbulkan efek samping seperti sulit tidur.

Bagi Anda yang menderita penyakit jantung kronis dan ibu hamil tidak dianjurkan untuk mengonsumsi teh secara berlebih karena dapat membuat detak jantung berdetak lebih cepat.
Artikel Pilihan
Silakan bagikan artikel ke media sosial lewat tombol share di bawah ini:

Kesehatan Manusia

Artikel Kesehatan dan Pendidikan Jasmani

 
Sitemap - Disclaimer - Privacy Policy Contact Us -
Back To Top