2017-06-14

Manfaat Kunyit Putih dan Efek Sampingnya

Kunyit putih menjadi salah satu dari tanaman obat tradisional yang sering digunakan oleh banyak orang untuk membantu menyembuhkan berbagai penyakit. Kunyit/kunir putih tentunya berbeda dengan kunyit kuning. Cara membedakan yang paling mudah adalah dari warnanya. Jika kunyit kuning berwarna kuning serta sering sekali digunakan untuk bumbu berbagai masakan, maka kunyit putih akan memiliki warna putih seperti kencur dan juga berbentuk bulat.
Manfaat Kunyit Putih
Sudah banyak sekali penelitian yang mengungkapkan sejuta manfaat kunyit putih ini. Kunyit putih sering digunakan untuk pengobatan. Berikut ini adalah manfaat kunyit putih untuk pengobatan.

1. Mengobati sakit maag
Maag akan muncul bila kita sering sekali terlambat makan, makanan yang tidak sehat, serta terlalu banyak mengkonsumsi kafein. Jenis jenis makanan tadi dapat memicu asam lambung yang tinggi sehingga menimbulkan rasa sakit pada perut bagian kiri bawah. Jika sudah sering terjadi dan juga sifatnya yang sering kambuh, konsumsi kunyit putih dapat dijadikan salah satu pilihan.

Caranya adalah bersihkan kunyit putih, lalu rebus dengan air. Saat proses perebusan, lakukan hingga air tinggal separuhnya saja. Setelah itu saring air dan dinginkan. Kamu pun bisa menambahkan madu kedalamnya sesaat sebelum diminum. Ramuan ini dapat kamu minum 2 kali dalam sehari. Dengan begitu kamu akan merasakan manfaat kunyit putih yang dapat mengurangi hingga menyembuhkan sakit maag.

2. Manfaat kunyit putih untuk mencegah terjadinya kanker payudara
Penyakit kanker memang sangat mengerikan. Jika sudah terkena kanker, akan sangat sulit untuk menyembuhkannya. Bahkan harus berkali kali melakukan tindakan medis seperti kemoterapi dan juga radiasi. Untuk wanita kanker payudara sering menjadi momok yang menakutkan. Namun resiko untuk terkena kanker payudara dapat dikurangi.

Dengan cara rutin mengkonsumsi air rebusan dari kunyit putih. Air rebusan ini juga dapat ditambahkan dengan madu untuk menambahkan rasa manis. Karena salah satu zat yang ada di dalam kunyit putih ini adalah zat anti kanker yang dapat membantu mencegah serta menyembuhkan penyakit kanker.

Itulah beberapa manfaat kunyit putih untuk kesehatan tubuh kita. Namun perlu di ingat, jangan telalu sering mengkonsumsi kunyit putih. Karena dibalik sejuta manfaatnya, ada beberapa efek samping yang akan terjadi jika kita terlalu sering mengkonsumsi kunyit putih. Berikut beberapa efek samping yang dapat ditimbulkan oleh kunyit putih

1. Jika terlalu sering, dapat menimbulkan kerusakan pada sel darah merah dan juga sel darah putih. Akibatnya, kita akan mudah terkena anemia dan imunitas tubuh menurun.

2. Manfaat kunyit putih juga dapat menurunkan kadar gula dalam darah. Namun jika terlalu sering, maka kadar gula dalam darah dapat anjlok dan turun drastis sehingga menimbulkan keadaan hyposlycemia yaitu kondisi dimana tubuh kekurangan zat gula dalam darah.

3. Kunyit putih juga sering digunakan untuk perawatan wajah, namun bagi yang memiliki kulit sensitif harap lebih berhati hati. Karena jika dilakukan terlalu sering malah dapat menimbulkan efek iritasi pada kulit.

Memang untuk dapat mendapatkan manfaat dari segala sesuatu tidak boleh dilakukan dengan berlebihan. Contohnya saja manfaat kunyit putih yang sangat banyak, namun kita juga harus tetap mengkonsumsinya dalam batas kewajaran. Tidak boleh terlalu sering, karena jika terlalu sering dan mengonsumsi dalam dosis yang tinggi, bukan manfaat yang akan didapatkan namun penyakit lain akan timbul.
Artikel Pilihan
Silakan bagikan artikel ke media sosial lewat tombol share di bawah ini:

Kesehatan Manusia

Artikel Kesehatan dan Pendidikan Jasmani

 
Sitemap - Disclaimer - Privacy Policy Contact Us -
Back To Top