2017-06-07

Penyebab Darah Rendah dan Gejalanya

Penyebab Darah Rendah dan Gejalanya_Sebagian besar orang lebih peduli terhadap penyebab darah tinggi dibandingkan dengan penyebab darah rendah. Hal ini disebabkan karena tekanan darah tinggi dinilai lebih berbahaya dibandingkan tekanan darah rendah sehingga banyak yang tidak paham bahkan tidak peduli sama sekali apa saja yang menjadi penyebab darah rendah.
Padahal faktanya, baik itu darah tinggi maupun darah rendah sama-sama memberikan dampak berbahaya bagi tubuh bahkan sama-sama bisa menyebabkan kematian.

Lantas, sebenarnya apa saja penyebab darah rendah dan bagaimana gejalanya ? Berikut adalah penjelasannya.

Tekanan Darah Rendah
Aliran darah pada saat melewati arteri akan memberikan tekanan pada dinding arteri yang dilewatinya. Dimana tekanan tersebut akan menjadi tolak ukur dalam menentukan tekanan darah.
Tekanan darah normal berada di angka 90/60 dan 140/90, apabila tekanan darah berada dibawah angka tersebut maka dapat dikatakan bahwa seseorang mengalami tekanan darah rendah.

Tekanan darah yang rendah akan mengakibatkan terhambatnya aliran darah ke seluruh bagian organ vital sehingga mengakibatkan organ tubuh tidak mendapatkan pasokan darah yang cukup. Akibatnya Anda akan merasa pusing, tubuh terasa ringan bahkan bisa menyebabkan hilang kesadaran.
Penyebab Darah Rendah

A. Penyebab Darah Rendah
Sebenarnya banyak hal yang bisa menjadi penyebab darah rendah dan berikut beberapa di antaranya;

1. Tekanan Darah Ortostatik
Tekanan darah ortostatik terjadi pada saat Anda merubah posisi tubuh secara tiba-tiba sehingga menyebabkan terjadinya penurunan tekanan darah sebanyak 15-30 mm Hg. Misalnya dari posisi tidur langsung berdiri.

2. Neurally Mediated Hypotension
Neurally mediated hypotension terjadi karena Anda berdiri terlalu lama sehingga menyebabkan aliran darah berkumpul dibagian bawah tubuh.

3. Efek samping pengobatan
Obat antidepresi, obat anti-hipertensi seperti alpha-blocker dan beta-blocker, obat penghambat enzim pengubah angiotensin (ACE Inhibitor) hingga obat diuretic memberikan beberapa efek samping salah satunya adalah tekanan darah rendah.

4. Anemia
Anemia terjadi karena jumlah hemoglobin dalam darah berkurang secara drastis sehingga menyebabkan tekanan darah rendah.

5. Kehamilan
Pada saat hamil, sistem peredaran darah akan berkembang dengan cepat sehingga menyebabkan tekanan darah rendah.

6. Masalah Hormon
Beberapa jenis penyakit seperti diabetes akan menyebabkan proses produksi hormone dalam tubuh menjadi terganggu, mengakibatkan ketidakseimbangan kadar air dan mineral dalam tubuh serta penurunan pada tekanan darah.

7. Penyakit Saraf
Penyakit saraf seperti Parkinson, pada saat menyebar ke dalam sistem saraf yang mengontrol fungsi tubuh otonom salah satunya adalah mengedalikan tekanan darah yang dapat menyebabkan Anda mengalami tekanan darah rendah.

8. Pendarahan Hebat
Pendarahan hebat akan membuat tubuh kehilangan darah dalam jumlah yang besar sehingga akan menurunkan aliran darah ke jaringan dalam tubuh. Akibatnya tekanan darah akan mengalami penurunan drastic dan apabila tidak segera ditangani dapat menyebabkan kematian.

9. Jantung
Jantung yang mengalami masalah tidak lagi dapat memompa darah dan mengalirkannya ke seluruh organ tubuh secara maksimal akibatnya terjadinya penurunan tekanan darah.

10. Anafilaksis
Anafilaksis atau lebih dikenal dengan reaksi alergi darah, hal ini akan menyebakan rasa gatal yang tidak tertahan, sesak napas dan penurunan tekanan darah secara drastic. Apabila tidak segera ditangani akan berpotensi kematian.

B. Gejala Tekanan Darah Rendah 

Darah rendah akan mengakibatkan beberapa kondisi atau gejala, namun perlu di ingat tidak semua orang yang mengalami menunjukan gejala yang sama. Berikut ada beberapa gejala hipotensi

1. Jantung berdebar dengan tidak teratur
2. Pusing.
3. Lemas.
4. Mual.
5. Kehilangan keseimbangan
6. Pandangan kabur
7. Terlihat pucat dan seluruh badan terasa dingin
8. Napas menjadi lebih cepat atau menjadi lebih lama.
9. Kehilangan Kesadaran.
10. Mengalami dehidrasi.

Nah itu dia deretan penyebab darah rendah dan gejalanya yang sebaiknya Anda ketahui. semoga bermanfaat
Artikel Pilihan
Silakan bagikan artikel ke media sosial lewat tombol share di bawah ini:

Kesehatan Manusia

Artikel Kesehatan dan Pendidikan Jasmani

 
Sitemap - Disclaimer - Privacy Policy Contact Us -
Back To Top