2017-07-15

Penyebab Flu dan Cara Menyembuhkannya

Apa penyebab influenza?_Sampai dengan saat ini masih banyak masyarakat yang percaya bila terlalu banyak mengkonsumsi es dan gorengan serta terlalu lelah, terkena hujan menjadi penyebab utama seseorang terkena flu.

Namun faktanya, anggapan tersebut kurang tepat karena penyebab flu sama sekali tidak berhubungan dengan aktivitas yang dilakukan setiap harinya. Lalu sebenarnya apa yang yang menjadi penyebab flu dan bagaimana cara mengatasinya ?.

Mitos tentang flu
Sebelum membahas lebih jauh mengenai penyebab flu sesungguhnya, anda harus mengetahui beberapa hal yang dipercayai oleh masyarakat selama ini berhubungan penyebab flu yang dialami oleh seseorang, seperti:

1. Akibat perubahan cuaca

2. Terlalu banyak mengonsumsi gorengan dan minuman dingin

3. Kurang istirahat

4. Kurang tidur

5. Kehujanan

Lima hal yang dipercayai oleh masyarakat sebagai penyebab flu bisa dikatakan kuranglah tepat, karena lima hal tersebut hanya faktor yang akan memperberat kondisi tubuh seseorang yang telah terserang oleh flu. Sementara faktor sebenarnya yang juga menjadi faktor utama penyebab flu adalah virus.
Penyebab Flu
Penyebab flu
Virus human rhinovirus atau hrv adalah virus yang menjadi penyebab seseorang mengalami flu. Selain itu, flu juga disebabkan oleh jenis virus lain seperti coronavirus, adenovirus, human parainfluenza virus (hpiv), dan respiratory syncytial virus (rsv).

Virus penyebab flu akan berterbangan di udara dan akan masuk ke dalam tubuh manusia melalui hidung atau mulut ketika anda melakukan kontak langsung dengan pengguna atau melakukan kontak dengan benda yang digunakan oleh penderita.

Namun perlu diperhatikan bahwa virus penyebab flu hanya akan menyebabkan gangguan kesehatan apabila virus masuk ke dalam tubuh pada saat anda dalam kondisi yang kurang sehat. Sebaliknya ketika tubuh dalam keadaan sehat, maka virus flu yang masuk kedalam tubuh akan dengan segera di bunuh oleh sistem kekebalan tubuh.

Nah, berikut beberapa hal bisa menjadi penyebab Anda menderita flu:

1. Berinteraksi dengan penderita
Pada saat anda berbicara dengan penderita. Percikan air liur atau udara yang dikeluarkan oleh penderita yang mengandung virus flu tanpa disadari akan masuk ke dalam saluran pernapasan melalui hidung.

Apabila itu terjadi saat tubuh anda dalam keadaan kurang sehat maka virus tersebut bisa menyebabkan gangguan kesehatan.

2. Melakukan kontak dengan benda yang digunakan oleh penderita
Pada saat penderita menggunakan tangannya untuk menutupi mulut ketika bersin maka virus akan berpindah ke tangan penderita. Kemudian saat penderita menyentuh barang atau sesuatu dengan menggunakan tangan yang telah mengandung virus tersebut maka virus juga akan menempel dibenda tersebut.

Dan Anda menjadi orang selanjutnya yang menyentuh benda tersebut sehingga virus yang terdapat dalam benda tersebut akan berpindah ke tangan anda. Virus akan masuk ke dalam tubuh ketika anda menggunakan tangan untuk mengambil makanan, menggosok mata tanpa mencuci tangan terlebih dahulu.

Cara Menyembuhkan Flu
Flu adalah salah satu jenis infeksi yang disebabkan oleh virus yang tidak berbahaya bagi kesehatan sehingga anda dapat mengobati dengan cara sebagai berikut

1. Memperbanyak waktu istirahat dengan cara tidur yang cukup akan memberikan waktu bagi tubuh dalam memproduksi sel-sel tubuh yang rusak sehingga akan mempercepat dalam proses pemuliha.

2. Mengkonsumsi makanan yang kaya akan serat

3. Memperbanyak konsumsi air putih untuk menggantikan cairan tubuh yang hilang akibat beraktivitas.

4. Mengoleskan seluruh tubuh dengan minyak kayu putih akan memberikan efek hangat bagi tubuh dan juga akan memperlancar pernapasan akibat hidung tersumbat.

5. Berkumur dengan menggunakan air garam serta mengkonsumsi permen yang memiliki kandungan menthol dipercaya dapat meredakan sakit tenggorokan dan hidung tersumbat.

6. Rutin mengkonsumsi vitamin c akan membantu sistem kekebalan tubuh dalam melawan dan membunuh setiap virus yang masuk ke dalam tubuh.

Namun apabila keluhan berlanjut hingga lebih dari 3 hari, anda harus segera menghubungi dokter untuk mendapatkan penanganan lebih lanjut.
Artikel Pilihan
Silakan bagikan artikel ke media sosial lewat tombol share di bawah ini:

Kesehatan Manusia

Artikel Kesehatan dan Pendidikan Jasmani

 
Sitemap - Disclaimer - Privacy Policy Contact Us -
Back To Top