2017-07-15

Apa Penyebab Penyakit Kanker?

Apa penyebab kanker?_Tubuh manusia memiliki DNA (deoxyribonucleic acid) yang di dalamnya terdiri dari jutaan sel. DNA akan mengendalikan dan mengarahkan semua tindakan sel seperti pertumbuhan, kematian, sintesis protein dan masih banyak lagi. Pada saat DNA mengalami kerusakan maka sel-sel yang berada didalam DNA akan segera memperbaiki kerusakan dengan cara menghasilkan sel baru untuk menggantikan sel-sel yang mengalami kerusakan atau sel-sel yang telah mati.

Namun, kanker menyebabkan DNA mengalami kerusakan secara permanen, sehingga sel-sel akan bertumbuh secara abnormal dan tidak terkendali. Kerusakan yang terjadi pada DNA akan mempengaruhi menghasilkan sel-sel yang cacat juga yang lama-kelamaan akan menjadi penyebab kanker di organ tertentu tepat di mana kerusakan tersebut terjadi.

Saat ini banyak media masa yang memberitakan mengenai perjuangan para pelaku dunia hiburan atau artis, sedang berjuang antar hidup dan mati melawan kanker yang dialaminya bahkan beberapa dari antara mereka harus meninggal akibat keganasan penyakit ini. Hal tersebut membuat masyarakat semakin menyadari betapa berbahanya kanker bagi kesehatan, karena dilihat dari fakta yang ada, merupakan penyakit yang mematikan dan sulit untuk disembuhkan.
Penyebab Kanker
Banyak yang telah mengetahui salah satu hal yang menjadi penyebab kanker adalah kebiasaan mer0k0k dan mengkonsumsi alk0h0l. Namun banyak yang tidak mengetahui bahwa makanan dan minuman yang dikonsumsi bisa menjadi salah satu penyebab kanker.

Penyebab Kanker
Banyak faktor yang bisa menjadi penyebab kanker, nah berikut penjelasan lengkapnya. Silahkan disimak.

1. Tanaman Transgenik
Tanaman transgenic adalah tanaman yang mengandung transgen dengan melalui proses bioteknologi, yaitu memasukkan atau menambahkan gen asing ke dalam tanaman. Transgenik dilakukan untuk memperbaiki sifat tanaman agar tanaman yang dihasilkan memiliki kualitas yang lebih baik.

Contoh tanaman yang melalui proses transgenic adalah tamanan padi yang memiliki daya tahan terhadap hama, serta buah tomat dan papaya yang tidak cepat busuk setelah dilakukan proses transgenik.

Meskipun transgenic memiliki banyak manfaat namun sayangnya terlalu sering mengkonsumsi makanan yang dibuat dengan menggunakan tanaman trangenik akan meningkatkan resiko terkena kanker dimasa depan.

2. Popcorn
Jagung yang digunakan sebagai bahan utama dalam pembuatan popcorn kemungkinan besar berasal dari jagung yang telah melalui proses transgenik. Selain itu popcorn dibuat dengan mencampurkan penyedap rasa yang mengandung diacetyl. Proses pembuatan popcorn yang sebagian besar menggunakan microwave akan mengubah diacetyl menjadi zat beracum bagi tubuh.

3. Bungkus Kemasan
Plastik dan kaleng adalah bahan yang banyak digunakan untuk membungkus atau mengemas makanan kemasan. Alasan mengapa bungkus kemasan bisa menjadi penyebab kanker karena pada plastic dan kaleng memiliki unsur bisphenol-A (BPA) didalamnya, yang telah terbukti mengubah secara genetik sel-sel otak tikus.

4. Daging Panggang
Daging yang diolah dengan cara dipanggang akan mengubah struktur kimia dan molekul dalam daging sehingga akan menyebabkan daging mengeluarkan karsinogen atau amina aromatic heterosiklik yang menjadi zat penyebab kanker.

5. Makanan Kemasan
Untuk dapat bertahan dalam waktu yang lama, makanan kemasan dibuat dengan menambahkan bahan pengawet seperti asam nitrat didalamnya. Asam nitrat berfungi untuk mencegah atau memperlambat proses pembusukan pada makanan.

Asam nitrat yang terdapat dalam makanan kemasan akan terakumulasi dan mengendap dalam tubuh manusia sehingga lama-kelamaan akan mengakibatkan kerusakan pada sel sehingga menyebabkan kanker.

6. Minuman Bersoda
Minuman bersoda memang paling enak dinikmati dalam keadaan dingin, namun dibalik kenikmatannya minuman bersoda memiliki banyak dampak buruk bagi kesehatan.

Minuman bersoda memiliki kandungan pemanis yang tinggi sehingga dapat menyebabkan penyakit diabtes. Selain itu zat pewarna didalam minuman bersoda bisa menyebabkan kanker dan minuman soda tidak memiliki kandungan gizi sama sekali didalamnya sehingga dapat dikatakan mengkonsumsi minuman bersoda hanya akan membawa dampak buruk bagi kesehatan.
Artikel Pilihan
Silakan bagikan artikel ke media sosial lewat tombol share di bawah ini:

Kesehatan Manusia

Artikel Kesehatan dan Pendidikan Jasmani

 
Sitemap - Disclaimer - Privacy Policy Contact Us -
Back To Top