2017-07-15

Penyebab Sakit Gigi dan Gejalanya

Penyebab Sakit Gigi_Hampir semua orang pernah mengalami yang namanya sakit gigi dan pastinya semua orang pasti berpendapat yang sama, bila sakit gigi rasanya sangat menyiksa. Mengapa?, karena sakit gigi akan mengakibatkan rasa nyeri, kepala pusing serta menjadi sulit untuk makan dan minum. Akibatnya para penderita penyakit ini sangat mudah sekali marah.
Penyebab Sakit Gigi
Perlu diketahui bahwa terdapat banyak hal yang bisa menjadi penyebab sakit gigi, nah berikut ulasan selengkapnnya.

Penyebab Sakit Gigi
Banyak hal yang bisa menjadi penyebab sakit gigi dan berikut beberapa diantaranya:

1. Kerusakan pada Gigi
Terlalu banyak atau sering mengkonsumsi makanan manis seperti coklat dan permen akan mengakibatkan gigi berlubang.

Lubang pada gigi lama-kelamaan akan menembus email gigi sehingga akan mencapai lapisan terdalam pada gigi.

Akibatnya, lubang tersebut akan menjadi tempat bertumbuhnya kuman yang akan menyebabkan infeksi pada gigi sehingga mengakibatkan rasa sakit pada gigi.

2. Erosi pada Gigi
Menyikat gigi dengan cara yang salah akan menyebabkan akar yang terletak dibagian bawah gigi akan terbuka sehingga tidak ada lagi yang melindungi akar gigi dibagian bawah.

Akibatnya gigi bagian bawah menjadi lebih sensitif, terutama pada saat bersentuhan dengan makanan pedas, dingin dan asam akan mengakibatkan rasa sakit dan ngilu.

3. Tumbuh Molar Tiga
Gigi molar tiga adalah gigi yang muncul atau bertumbuh paling terakhir sehingga pada saat gigi ini muncul, gusi tidak lagi memiliki tempat atau celah bagi gigi molar tiga bertumbuh.

Akibatnya gigi molar akan tetap memaksa keluar dengan cara menekan gigi yang berada disekitarnya dan inilah yang menjadi penyebab sakit gigi.

4. Susunan Gigi
Susunan gigi yang tidak teratur atau miring akan mengakibatkan tekanan yang tidak seimbang antar gigi satu dengan yang lain terutama pada saat mengunyah makanan. Hal ini akan meningkatkan resiko gigi mengalami radang yang akan menyebabkan rasa sakit.

5. Kawat Gigi
Kawat gigi berfungsi untuk memperbaiki posisi gigi yang kurang baik. Namun ternyata pada saat pemasangan kawat gigi pertama kali akan menyebabkan rasa sakit karena adanya ortodentik atau pemerataan pada gigi yang dilakuakan secara paksa.

6. Malas Membersihkan Gigi
Sisa makanan akan berkumpul di sela-sela gigi atau dibagian gigi yang berlubang. Apabila tidak dibersihkan maka lama-kelamaan sisa makanan tersebut akan menumpuk dan menjadi tempat bertumbuhkan bakteri pada gigi sehingga akan mengakibatkan infeksi yang berakhir dengan sakit pada gigi.

7. Sinusitis
Tidak semua sakit gigi disebabkan karena permasalahan pada gigi, karena sakit gigi bisa menjadi salah satu tanda atau gejala adanya permasalahan pada tubuh salah satunya adalah sinusitis. Sinusitis disebabkan akrena adanya peradangan dibagian rongga hidung dimana salah satu gejalanya adalah sakit pada gigi.

Itulah beberapa penyebab sakit gigi.  Sakit gigi akan membuat penderitanya mengalami rasa nyeri pada gigi dan rahang yang terjadi secara terus-menurus atau bisa muncul dan menghilang secara berulang-ulang.

Biasanya rasa sakit akan semakin parah ketika penderita menggunakan gigi untuk makan dan minum, terutama apabila jenis makanan atau minuman yang dikonsumsi adalah panas atau dingin.

Sangat sulit untuk mencari penyebab sakit gigi yang sesungguhnya karena posisi rahang dengan gigi berdekatan atau saling menempel satu dengan yang lain. Hal inilah yang menyebabkan sulit untuk mengetahui secara pasti sumber dari rasa sakit tersebut.

Gejala Sakit Gigi

Meskipun sulit untuk menentukan sumber utama dari penyebab sakit gigi, namun pada umumnya sakit gigi memiliki gejala sebagai berikut;

1. Rasa nyeri dan sakit disekitar bagian gigi yang mengalami infeksi

2. Bengkak di sekitar gigi mengalami infeksi

3. Demam

4. Pusing

5. Mulut mengeluarkan bau tidak sedap yang bersumber dari gigi yang mengalami infeksi.

Penting bagi Anda secara rutin membersihkan gigi minimal dua kali dalam sehari untuk mencegah bakteri penyebab sakit gigi berkumpul sehingga menyebabkan rasa sakit pada gigi.
Artikel Pilihan
Silakan bagikan artikel ke media sosial lewat tombol share di bawah ini:

Kesehatan Manusia

Artikel Kesehatan dan Pendidikan Jasmani

 
Sitemap - Disclaimer - Privacy Policy Contact Us -
Back To Top