2017-07-15

Cara Membuat Jamu Beras Kencur dan Berbagai Khasiatnya Bagi Kesehatan

Cara Membuat Jamu Beras Kencur dan Berbagai Khasiatnya Bagi Kesehatan_Memiliki tubuh yang sehat dan jarang terjangkit penyakit merupakan salah satu tujuan hidup semua orang. Oleh sebab itu, tidak mengherankan jika banyak cara dilakukan untuk bisa menjaga kesehatan seperti rajin berolahraga dan mengonsumsi jamu.
Cara Membuat Jamu Beras Kencur
Salah satu jamu yang terbukti memiliki khasiat baik untuk kesehatan adalah beras kencur. Bagi Anda yang ingin membiasakan diri meminumnya, Anda bisa mencoba cara membuat jamu beras kencur seperti yang kami jelaskan berikut ini.

A. Cara Membuat Jamu Beras Kencur

Bahan:
  • 200 gram beras putih
  • 5 ruas kencur
  • 3 ruas kunyit
  • 3 ruas jahe
  • 2 sendok makan asam jawa
  • 250 gram gula jawa
  • 2 lembar daun pandan
  • 2 buah jeruk nipis yang sudah diperas dan diambil airnya
  • 1 liter air mineral
  • Garam secukupnya
Cara membuat:
1. Pertama, rendamlah beras ke dalam air matang selama 3 jam.
2. Kemudian, rebuslah 1 liter air dengan kencur, kunyit, jahe, daun pandan, asam Jawa, dan gula Jawa. Aduk hingga mendidih.
3. Setelah mendidih, saringlah air rebusan dan pisahkan ampasnya.
4. Selanjutnya, beras yang sudah direndam ditiriskan lalu ditumbuk bersama ampas yang sudah disaring sebelumnya.
5. Ketika ampas dan beras sudah halus, masukkanlah ke dalam air rebusan awal. Aduk merata. Jika hasil tumbukan beras dan rempah masih kurang halus, Anda bisa menyaringnya kembali sebelum disajikan.
6. Tahap selanjutnya, tambahkan air jeruk nipis dan garam secukupnya.
7. Selesai! Pastikan rasa manis sudah pas dan sesuai dengan selera Anda.

Gampang kan cara membuat jamu beras kencur seperti di atas? Nah, jamu beras kencur yang sudah Anda buat dapat dikonsumsi setiap hari guna memberikan dampak baik bagi kesehatan. Di bawah ini adalah beberapa khasiat dari mengkonsumsi jamu beras kencur.

B. Khasiat Jamu Beras Kencur Bagi Kesehatan

1. Meningkatkan nafsu makan
Beras kencur mengandung minyak atsiri dengan jumlah tinggi yang dapat menaikkan nafsu makan. Bagi anak Anda yang susah sekali makan, Anda bisa memberinya jamu beras kencur setiap pagi dan malam sebelum tidur.

2. Menebalkan dinding lambung
Bagi Anda yang memiliki penyakit maag, jamu beras kencur bisa menjadi andalan untuk mengobati maag. Beras kencur dapat menebalkan dinding lambung bagi penderita maag yang mana lambungnya mengalami pengikisan.

3. Mengatasi masuk angin
Efek hangat pada badan setelah mengkonsumsi jamu beras kencur dipercaya dapat mengatasi masalah masuk angin. Jadi, jika Anda muai merasa perut kembung dan mual segeralah minum jamu beras kencur. Jangan anggap sepele masuk angin sebab penyakit masuk angin bisa menjadi awal dari penyakit-penyakit lainnya.

4. Menyembuhkan batuk
Jika Anda sedang terserang batuk, jamu beras kencur bisa dijadikan alternatif obat untuk menyembuhkannya. Kandungan yang terdapat pada jamu beras kencur dipercaya dapat menghilangkan rasa gatal dan gumpalan dahak di tenggorokan.

5. Menghilangkan rasa nyeri
Bagi Anda yang sering terkena migrain, nyeri saat haid, atau bengkak pada tubuh karena luka, maka Anda harus rajin mengkonsumsi jamu beras kencur. Jamu beras kencur dapat menghilangkan rasa nyeri pada tubuh yang diakibatkan oleh beberapa kondisi.

6. Menghilangkan letih dan pegal
Bagi Anda yang memiliki segudang aktifitas, Anda disarankan untuk rajin mengkonsumsi jamu beras kencur. Jamu ini dapat menyegarkan badan sehingga walaupun Anda beraktifitas seharian tidak akan cepat letih dan pegal.

Ternyata jamu beras kencur yang gampang dibuat sendiri tersebut memiliki khasiat luar biasa untuk menjaga kesehatan. Selain itu, Anda tidak perlu mengeluarkan uang lebih untuk membeli suplemen atau obat-obatan jika dengan rutin mengkonsumsi jamu ini saja Anda sudah bugar.
Artikel Pilihan
Silakan bagikan artikel ke media sosial lewat tombol share di bawah ini:

Artikel Pilihan

Memuat...
 
Home - Daftar Isi- Sitemap - Disclaimer - Privacy Policy Contact Us -
Back To Top