2017-07-06

Fakta dan Khasiat Daun Afrika Bagi Kesehatan

Manfaat Daun Afrika_Sebagian dari Anda pastinya masih belum terlalu familiar dengan daun Afrika, mungkin Anda akan mengira bahwa tanaman ini berasal dari daratan afrika karena namanya yang menggunakan kata Afrika. Atau mungkin Anda pernah melihat tanaman ini namun tidak mengetahui apa nama tanaman tersebut serta apa fungsinya.
Daun Afrika
A. Fakta Daun Afrika
Tidak ada sumber manapun yang mengetahui asal usul tanaman ini, tidak ada yang tahu mengapa dan siapa yang awalnya mencetuskan nama daun afrika pada tanaman ini bahkan hingga saat ini masih belum ada penemuan yang menemukan nama latin atau berasal dari keluarga tumbuhan apakah daun afrika ini.

Daun afrika rasanya pahit sepahit bratawali. Daun yang dimanfaatkan sebagai obat berbagai penyakit yaitu daun afrika yang masih muda. Kita dapat memetik daun afrika dan langsung direbus ataupun dipetik dan dikeringkan dahulu jika kita takut kehabisan stok daunnya.

Tanaman daun afrika bisa dikembangbiakkan dengan cara stek batang. Tanaman ini termasuk mudah tumbuhnya di tanah Indonesia yang subur. Di belakang rumah Admin juga banyak tumbuhan daun afrika.

Semua khasiat dari daun ini didapat berdasarkan dari kesaksian dan pengalaman orang-orang terdahulu. Ada beberapa sumber yang mengatakan bahwa wanita hamil atau wanita yang sedang dalam masa menstruasi tidak dianjurkan untuk mengkonsumsi atau mengolah tanaman ini walaupun tidak diberitahukan alasannya mengapa tidak diperbolehkan.

Di daratan China, tanaman ini dinamakan Nan Fei Shu atau Nan Hui Ye. Pada zaman dahulu, hanya orang-orang dari kalangan tinggi saja yang dapat menggunakan daun Afrika sebagai obat dari segala macam penyakit. Bahkan banyak orang China yang menanamnya di halaman belakang rumah mereka.

Di Indonesia sendiri, daun Afrika ditanggapi dengan baik terutama bagi mereka yang menyukai segala hal yang berbau herbal. Menurut mereka keberadaan tanaman ini dapat membuka harapan baru bagi kemajuan dunia herbal karena banyak sekali penderita diabetes yang cocok dengan ramuan dari tanaman ini.

B. Khasiat Daun Afrika Bagi Kesehatan
Berikut ini kami tuturkan beberapa khasiat yang dapat Anda peroleh dengan mengkonsumsi tanaman ini berdasarkan pengalaman orang-orang terdahulu.

1. Menyembuhkan Insomnia
Orang-orang dahulu menggunakan ramuan tanaman ini untuk menyembuhkan insomnia atau gejala susah tidur mereka, itu karena dalam daun Afrika terkandung suatu zat yang mampu memberi rasa relaksasi. Cara mengolahnya yaitu siapkan daun afrika secukupnya, rebus daun dengan air hingga mendidih, minum ramuan tersebut secara teratur sebelum tidur.

2. Menurunkan demam
Tanaman ini juga dapat dimanfaatkan untuk menurunkan panas demam, cara mengolahnya pun sama yaitu dengan menyeduhnya dan diminum secara teratur sampai panas demamnya turun

3. Mengurangi Kesemutan
Pernahkan Anda merasa tubuh Anda merasa tegang seperti dialiri listrik? Gejala tersebut disebut dengan kesemutan karena terjadi penyumbatan pada aliran darah atau aliran darah yang tidak lancar.

Gejala ini memang tidak berdampak serius, namun jika terjadi terus menerus dan tidak ada penanganan maka akan berdampak buruk pula bagi tubuh Anda. untuk menyembuhkannya yaitu dengan meminum air rebusan daun afrika.

4. Menyembuhkan sakit kepala
Hampir semua orang pasti pernah merasakan sakit kepala apalagi saat demam atau sedang stress. Orang dulu biasanya mengobatinya dengan cara merebus 2 gelas air dengan beberapa lembar daun afrika, biarkan hingga mendidih dan menyusut hingga menjadi 1 gelas. Saring rebusan dan minum saat sudah dingin.

5. Menurunkan Kolesterol
Ada 2 jenis kolesterol di dalam tubuh kita, yaitu kolesterol baik dan kolesterol jahat. Kolesterol baik sangat diperlukan untuk memaksimalkan metabolisme tubuh, sedangkan kolesterol jahat dapat menyebabkan beberapa penyakit yang berbahaya bagi kesehatan.

Untuk membuat ramuan dari daun ini cukup sama dengan membuat ramuan sebelumnya, apabila Anda tidak suda dengan rasa pahitnya, Anda bisa menambahkan perasan lemon atau madu ke dalamnya.

6. Menyembuhkan penyakit stroke
Ramaun atau air rebusan daun afrika juga bisa dimanfaatkan sebagai obat stroke. Untuk cara pengobatannya cukup mudah, minumlah 2 gelas secara rutin setiap hari di pagi hari dan di malam hari sebelum tidur.

Selain di atas, tentunya masih banyak lagi penyakit yang dapat diobati dengan menggunakan daun afrika baik penyakit ringan maupun yang kronis.
Artikel Pilihan
Silakan bagikan artikel ke media sosial lewat tombol share di bawah ini:

Kesehatan Manusia

Artikel Kesehatan dan Pendidikan Jasmani

 
Sitemap - Disclaimer - Privacy Policy Contact Us -
Back To Top