2017-10-11

Jarang Diketahui Manusia, 6 Penyakit Ini Ternyata Bisa Menular

Jarang Diketahui Manusia, 6 Penyakit Ini Ternyata Bisa Menular_Hampir setiap manusia rentan terkena penyakit menular. Biasanya penyakit menular ini akan menyebar dari satu orang yang mengidap penyakit tersebut ke orang lain di sekitarnya yang sehat. Penularannya bisa disebabkan oleh bakteri, virus, kuman maupun jamur. Cara penularannya pun berbeda-beda, tergantung jenis penyakit menular yang diderita.
Jarang Diketahui Manusia, 6 Penyakit Ini Ternyata Bisa Menular
Agar memiliki tubuh yang sehat bugar, sudah sepatutnya Anda selalu menjaga kesehatan tubuh dari berbagai serangan virus dan bakteri yang dapat berkembang menjadi penyakit. Selain batuk, diare dan flu, ternyata ada penyakit menular lain yang jarang diketahui orang. Untuk selengkapnya Anda bisa simak ulasan di bawah ini.

1. Impetigo 
Impetigo adalah penyakit kulit yang penyebabnya adalah radang bakteri.  Biasanya penyerangan bakteri impetigo dimulai dari lapisan kulit paling atas lalu kemudian perlahan-lahan masuk ke dalam lapisan dermis dan menyebabkan timbulnya jaringan parut serta bisul.

Pengobatan Impetigo memang terbilang mudah yaitu cukup dengan mengoleskan krim antibiotik pada daerah yang terinfeksi. Namun, pada beberap kasus dimana infeksi impetigo sudah parah, pengobatannya harus menggunakan antibiotik oral.

2. Penyakit Mulut
Tahukah Anda bahwa penyakit mulut itu bisa menular? Jika Anda atau pasangan sedang menderita penyakit mulut dan tanpa sengaja melakukan kontak, kemungkinan besar akan terjadi penularan bakteri yang dapat menyebabkan radang gusi, sariawan hingga gigi berlubang. Maka dari itu, ketika Anda merasa sedang menderita penyakit mulut, usahakan jangan sampai melakukan hubungan oral dengan siapapun.

3. Kanker
Banyak orang yang tidak tahu jika beberapa penyakit kanker bisa menular. Mungkin Anda juga salah satunya. Karena itu, mulai sekarang Anda perlu lebih berhati-hati lagi sebab tanpa disadari penyakit kanker ini bisa menyebar melalui kontak seksual dengan perantara virus HPV. Beberapa penyakit kanker yang menular tersebut adalah kanker usus, kanker mulut, kanker penis dan kanker rahim.

4. Jamur kaki
Penyakit menular yang jarang disadari manusia yaitu jamur kaki. Penyakit ini disebabkan oleh jamur jenis Trichophyton. Umumnya penyakit jamur kaki timbul karena kebiasaan tidak memakai sandal atau sepatu di tempat-tempat yang tidak bersih.

Berbagai serangan jamur, bakteri virus dan kuman yang menjadi penyebab penyakit menular memang susah untuk diprediksi.  Nah, jika Anda ingin selalu terhindar dari penyakit ini sebaiknya mulailah tingkatkan kekebalan tubuh Anda dengan banyak mengonsumsi buah segar dan sayur terutama yang mengandung Vitamin C.

5. Scarlet fever
Scarlet fever merupakan jenis penyakit demam yang diikuti dengan munculnya ruam kulit akibat racun yang ditimbulkan oleh mikrooganisme penyebab radang tenggorokan. Penyakit Scarlet fever bisa membuat penderitanya mengalami demam, ruam kulit serta sakit tenggorokan selama seminggu. Meskipun penyakit ini tergolong menular, namun Anda tak perlu khawatir karena masih bisa disembuhkan dengan obat-obatan jenis antibiotik.

6. Mata Merah dan Belekan
Penyakit mata merah disertai belekan juga tergolong penyakit yang menular. Meski jarang terjadi, penyakit menular satu ini juga perlu untuk diperhatikan karena penyebarannya yang sangat cepat. Beberapa gejalanya yang sangat jelas yaitu belekan, gatal dan mata merah, (namun tak semua mata merah berarti penyakit menular). Untuk pencegahannya bisa dengan selalu mencuci tangan setelah melakukan kontak langsung dengan penderita sakit mata.

Penyakit menular merupakan jenis penyakit yang sepenuhnya bisa dicegah dan dihindari dengan pengetahuan dan perilaku hidup yang baik. Salah satu cara yang bisa dilakukan untuk terhindar dari penyakit menular adalah memperkuat daya tahan tubuh dengan banyak mengonsumsi sayur-mayur dan buah-buahan.
Artikel Pilihan
Silakan bagikan artikel ke media sosial lewat tombol share di bawah ini:
 
Sitemap - Disclaimer - Privacy Policy Contact Us -
Back To Top