2017-11-09

Sambutan Menteri Kesehatan pada Peringatan Hari Kesehatan Nasional ke-53 Tahun 2017

Sambutan Menteri Kesehatan (Menkes) Republik Indonesia, Prof. Dr. dr. Nila Farid Moeloek, Sp.M (K) pada Peringatan Hari Kesehatan Nasional 12 November 2017_ Pada tahun 2017 ini, tepatnya tanggal 12 November, kita kembali memperingati Hari Kesehatan Nasional (HKN). Segala puji dan syukur kita panjatkan kepada Allah Subhanahu Wata’ala, Tuhan Yang Maha Esa, atas segala rahmat dan hidayah yang telah dilimpahkan-Nya kepada kita sekalian. Atas perkenan dan izin-Nya pula kita dapat memperingati Hari Kesehatan Nasional ke 53 Tahun 2017 dalam suatu rangkaian kegiatan di tahun ini.
Sambutan Menteri Kesehatan pada Peringatan Hari Kesehatan Nasional ke-53 Tahun 2017

Pada Hari Kesehatan Nasional Ke 53 saat ini, Tema yang kita angkat adalah ‘’Sehat Keluargaku Sehat Indonesiaku’’. Tema tersebut sejalan dengan Program Indonesia Sehat melalui Pendekatan Keluarga dimana keluarga menjadi awal untuk mendorong masyarakat yang mandiri untuk hidup sehat.

Kita tahu bahwa komponen terpenting dalam pencegahan penyakit selain dipengaruhi kualitas lingkungan serta sarana dan prasarana pelayanan kesehatan adalah PERILAKU Keluarga memiliki dampak yang besar dalam pembentukan perilaku individu. Keluarga merupakan pengalaman pertama bagi anak-anak, pendidikan di lingkungan keluarga dapat menjamin kehidupan emosional anak untuk tumbuh dan berkembang. Untuk itu kita perlu terus berupaya untuk membudayakan perilaku hidup bersih dan sehat pada masyarakat khususnya di lingkungan keluarga.

Program lain yang didorong adalah Gerakan Masyarakat Hidup Sehat (GERMAS). Dengan GERMAS, kita mengajak kerjasama lintas sektor dan lintas program dalam mewujudkan masyarakat untuk berperilaku hidup sehat, yang pada akhirnya dapat membentuk bangsa Indonesia yang kuat.

Dengan mendorong Program Indonesia Sehat Pendekatan Keluarga dan GERMAS, kita berupaya membangun kemandirian keluarga dan masyarakat dalam hidup sehat sebagai upaya  promotif dan preventif yang pada akhirnya dapat meningkatkan derajat kesehatan masyarakat yang setinggi-tinginya sehingga tercipta masyarakat yang produktif yang dapat berperan aktif dalam pembangunan nasional.

Peringatan HKN ke-53 ini menjadi momentum untuk seluruh insan kesehatan khususnya jajaran Kementerian Kesehatan merefleksi kembali sejauh mana keberhasilan upaya kesehatan yang sudah
dilaksanakan baik promotif, preventif, kuratif dan rehabilitatif dalam meningkatkan derajat
kesehatan bangsa Indonesia. Sejauh mana keberhasilan sektor kesehatan dalam melibatkan semua unsur, lintas sektor, dalam melaksanakan Pembangunan Kesehatan.

Oleh karenanya, pada peringatan HKN ke-53 ini selain kegiatan yang diselenggarakan Kementerian
Kesehatan, seperti Upacara, Tabur Bunga untuk para Pahlawan, Seminar Kesehatan, Parade Doktor, Pameran, Car Free Day, Jalan Sehat, Sepeda Sehat dan berbagai Lomba. Saya mendorong agar Peringatan HKN ke- 53 ini juga dimeriahkan oleh seluruh jajaran kesehatan dan Kementerian/Lembaga terkait, Pemerintah Provinsi dan Kabupaten/Kota, UPT Pusat dan Daerah, serta Organisasi Kemasyarakatan. Tentunya buku Panduan HKN ke-53 ini dijadikan panduan dalam menyelenggarakan peringatan HKN tersebut.

Sebelum mengakhiri sambutan ini, marilah kita sama-sama mensukseskan Program Indonesia
Sehat dengan Pendekatan Keluarga. Mulai dari diri sendiri dan lingkungan keluarga. Indonesia Sehat dapat diwujudkan melalui keluarga-keluarga yang sehat, sehingga membentuk masyarakat sehat. Mari berperilaku hidup bersih dan sehat, selalu mengkonsumsi makanan yang sehat teratur, sayur dan buah, serta senantiasa berolah raga atau melakukan aktivitas fisik, melakukan pemeriksaan kesehatan secara rutin, tidak merokok dan menciptakan lingkungan yang bersih dan sehat.

Semoga Tuhan Yang Maha Esa – Allah Subhanahu Wata’ala memberikan bimbingan dan meridhoi upaya kita mewujudkan Masyarakat yang Mandiri untuk Hidup Sehat melalui Program Indonesia Sehat dengan Pendekatan Keluarga dan Gerakan Masyarakat untuk Hidup Sehat.

Selamat mengikuti rangkaian kegiatanmHari Kesehatan Nasional Ke-53 Tahun 2017.

Salam Sehat, Sehat Indonesia !


Artikel Pilihan
Silakan bagikan artikel ke media sosial lewat tombol share di bawah ini:

Artikel Pilihan

Memuat...
 
Home - Daftar Isi- Sitemap - Disclaimer - Privacy Policy Contact Us -
Back To Top